Cara Menghitung Hari Untuk Selamatan Orang Meninggal


Cara Menghitung Hari Selamatan

Cara Menghitung Hari Untuk Selamatan Orang Meninggal.
Salah satu  adat Jawa diantaranya selamatan meninggalnya seseorang. Pelaksanaan selamatan di masyarakat Jawa yaitu selamatan untuk 3 hari , 7 hari, 40 hari, 100 hari, pendak sepisan ( 1 Tahun ), pendak pindho (2 Tahun ) dan yang terakhir sebagai puncaknya adalah nyewu (1000 hari). Masyarakat Jawa menghitung  hari untuk selamatan umumnya tidak dihitung satu persatu dari hari meninggalnya.Ada ada cara yang diyakini lebih praktis daripada menghitung satu-persatu. Karena selamatan hari kematian dihitung berdasarkan penanggalan jawa praktis, untuk dapat menghitungnya kita harus mengenal dulu sistem penanggalan jawa,.

Menurut sejarah, adat  Jawa menggunakan kalender Hijriyah  (sebagai panduan beribadah umat Islam) pada tahun 1625 Masehi mengganti penggunaan kalender jawa dari sistem penanggalan Saka 1547 Tahun Saka.
Diakui atau tidak di Indonesia dikenal beberapa system kalender, diantaranya kalender Hijriyah, kalender Jawa , kalender Masehi. Setiap sistem penanggalan dalam 1 tahun terdiri dari 12 bulan.
Untuk lebih jelas Cara Menghitung Hari Untuk Selamatan Orang Meninggal, silahkan download Cara Menghitung Hari Untuk Selamatan Orang Meninggal lewat link di bawah.

Download
Cara Menghitung Hari Untuk Selamatan Orang Meninggal

4 komentar

  1. makasih mas saya baru tahu cara menghitungnya :D

    BalasHapus
  2. mohon diberitahu tanggal peringatan 100 hari ,pendak 1, pendak 2 dan 1000 hari , orang yg meninggal pada 3 juli 2018 . mkasih

    BalasHapus

Dimohon tidak meninggalkan link aktif karena otomatis terhapus
EmoticonEmoticon